Kamis, 11 Juli 2019


Tugas III
Nama : Rizka Melina Ramadhani.A
NPM : 16518272

ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI

IPTEK dan PERKEMBANGANNYA
Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin maju dan berkembang dengan sangat cepat, diberbagai bidang keilmuan yang ada. Dengan perkembangan IPTEK yang sangat pesat ini tentu kita patut merasa beruntung dan juga patut merasa khawatir akan dampak yang ditimbulkannya. Patut merasa beruntung, karena dengan adanya perkembangan IPTEK yang pesat, tentu kita akan sangat termanjakan dengan berbagai fasilitas berteknologi modern yang murah dan praktis, dan hal itulah yang membuat kita harus merasa khawatir karena dengan kemudahan-kemudahan yang ditawarkan. Kita akan semakin malas untuk berkreasi dan merasa masa bodoh dengan lingkungan sekitar kita, karena terlalu terlena dengan kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi modern saat ini.
Dengan kemajuan IPTEK yang sangat pesat kita didorong untuk ikut mengikuti alur perkembangan teknologi modern yang ada saat ini, dan ini akan menjadi dilema untuk kita semua jika kita tidak bisa melawan atau memfilternya, tentu ini akan menjadi boomerang untuk diri kita sendiri. Untuk itu kita harus bisa mengimbangi kemajuan IPTEK sekarang ini. Salah satu caranya yaitu dengan ikut berperan aktif didalam perkembangan IPTEK itu sendiri, melalui sekolah-sekolah, ide-ide baru, dan juga kreasi yang kita ciptakan, ini akan sangat bermanfaat untuk bisa bersaing dan ikut berpartisipasi dalam kemajuan IPTEK saat ini.
Namum berbeda halnya jika kita hanya pasif dan hanya menikmati hasil dari perkembangan IPTEK saat ini saja, maka sama saja kita hanya dianggap sebagai penonton dalam perkembangan IPTEK ini, dan sangat disayangkan sekali jika hal tersebut terjadi pada diri kita pribadi masing-masing.

v  Dampak positif yang bisa kita terima dari perkembangan IPTEK :

1.      Memberikan berbagai kemudahan
Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Namun, dampak dari perkembangan IPTEK juga berdampak ke berbagai hal seperti kegiatan peternakan yang dulunya memerah susu sapi dengan menggunakan tangan atau secara manual, kini sudah menggunakan peralatan mesin.
Sehingga aktifitas pemerahan susu sapi dapat lebih cepat dan susu yang dihasilkanpun juga lebih sehat dan higienis, tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak. Ini adalah contoh kecil dampak positif perkembangan IPTEK di dalam membantu aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

2.      Memperluas berbagai informasi
Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggalan. terlebih lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Hal ini memaksa kita untuk mau tidak mau harus bisa mengikuti perkembangannya. Pada masa dahulu, kegiatan pengiriman berita sangat lambat, hal ini di karenakan kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu secara lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat.
Namun sekarang kegiatan semacam ini sudah hampir punah, dimana perkembangan IPTEK telah merubah segalanya, dan kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima berita dengan peralatan modern saat ini seperti dengan media sosial yang ada ataupun dengan smartphone yang memanjakan kita dengan berbagai layanan yang ada.

3.      Bertambahnya pengetahuan dan wawasan
Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. Namun seiring dengan perkembangan iptek, peralatan elektronik seperti komputer, internet, dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang menjamur.
Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya. Inilah salah satu pengaruh positif perkembangan iptek  terhadap ilmu pengetahuan dan wawasan masyarakat kita. 

v  Dampak negatif yang akan kita terima jika tidak bisa mengimbangi perkembangan IPTEK:

1.      Mempengaruhi pola berpikir
Dengan adanya teknologi informasi yang sangat berkembang pesat saat ini seperti adanya media sosial yang banyak menjamur di Indonesia, tentu perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola berpikir anak, namun berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang tua.
Apalagi masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang mudah penasaran serta suka dengan hal baru, terutama dengan adanya berbagai perubahan pada berbagai peralatan elektronik dan peralatan telekomunikasi. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik, untuk itu kita harus pandai -pandai memilih apa yang akan kita baca dan apa yang akan kita lihat dimedia informasi yang ada.

2.      Hilangnya budaya tradisional
Dengan banyak bermunculannya toko-toko modern seperti indomaret, alfamart, dan yang lainnya, berdirinya berbagai gedung mewah seperti mal, perhotelan, dan apartemen mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai toko tetangga kini berubah menjadi mini market. Begitu juga terhadap pergaulan anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas, dan anak-anak cenderung memilih bermain dengan smartphone merika ketimbang bermain bersama rekan sepantaran mereka.

3.      Banyak menimbulkan berbagai kerusakan
Indonesia di kenal sebagai Negara berkembang dengan kekayaan sumber daya alamnya yang sangat beranekaragam, namun dengan kekayaan yang dimilikinya Indonesia tak kunjung mendapatkan kepastian kapankah istilah negara berkembang tersebut berubah menjadi negara maju. Mulai berdiri berbagai kegiatan industri, Perhotelan, Mal, dan Gedung-gedung bertingkat serta perumahan berdiri dimana-mana. Akibatnya aktifitas tradisional lumpuh, hutan gundul,dan juga kebakaran hutan.
Sehingga banyak menimbulkan berbagai macam bencana seperti banjir, tanah longsor serta polusi udara, serta yang terakhir adalah adanya bencana kabut asap yang menimpa masyarakat dikarenakan kebakaran hutan. Inilah dampak kemajuan IPTEK yang harus di terima masyarakat kita hingga ke anak cucu kita nanti jika kita tidak bisa berperan untuk ikut didalam lingkarannya.

Dengan semakin berkembangannya ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia saat ini, maka informasi dan komunikasi di Indonesia juga sudah berkembang pesat. Di mana pada masa sekarang ini, kita harus bisa mengenal dan memahami berbagai perkembangan IPTEK, namun masih banyak yang kurang memahami dengan perkembangan IPTEK. Secara jangka panjang, perkembangan IPTEK memberikan arti yang sangat positif, namun di sisi lain, tidak sedikit pula yang membawa dampak negatif. Untuk itulah sudah sewajarnya jika kita memulai untuk belajar, berkreasi, menemukan ide-ide baru dan akhirnya bisa berperan aktif di dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan bukan menjadi masyarakat yang hanya mau menerima dan memakan mentah-mentah perkembangan IPTEK tanpa mengetahui batasan-batasan yang ada, agar supaya jikalau kita terpaksa hanya akan menjadi penonton didalam perkembangan IPTEK kita bisa disebut sebagi penonton yang bertanggung jawab dan bisa membatasi diri kita dengan menggunakan hasil dari perkembangan IPTEK itu dengan dewasa dan tidak merugikan orang lain.

  •         Sesuai dengan perkembangan pemikiran manusia maka teknologi juga mengalami perubahan, yaitu:

      1.      Zaman liar bawah (lower savagery) yaitu sejak manusia ada dipermukaan bumi sampai ia mengenal bahasa.
      2.      Zaman liar tengah (middle savagery) yaitu manusia ditandai dengan adanya kemampuan membuat api dan berakhir dengan adanya kemampuan manusia membuat busur dan panah.
      3.      Zaman liar atas (upper savagery) ditandai dari mulai membuat busur dan panah sampai menemukan peralatan tembikar.
      4.      Zaman beradab bawah (lower barbarisan) mulai dari manusia mampu membuat tembikar sampai mengenal budidaya tumbuhan dan pemeliharaan binatang ternak.
      5.      Zaman beradab tengah (middle barbarisan) mulai dari mengenal budidaya tanaman dan binatang ternak sampai kemampuan bertani secara menetap dan mengenal sistem irigasi.
      6.      Zaman beradab atas (upper barbarisan) mulai dari membuat irigasi yang berarti pula sudah mengenal pengolahan besi sampai mengenal alpabet (huruf).
      7.      Zaman peradaban (civilization) ditandai dengan penggunaan bahasa, tulisan, dan percetakan sampai sekarang.
Teknologi yang berkembang sebelum revolusi industri (teknologi tradisional), cenderung miskin dalam basis ilmu pengetahuan dan rekayasa, serta perkembangan teknologinya. Pada umumnya teknologi tersebut dikembangkan dengan cara coba-coba (trial and error) dan sangat tergantung kepada otot manusia dan tenaga hewan. Sebaliknya teknologi modern bercirikan dengan perkembangan yang cepat dan dinamis. Pada umumnya teknologi canggih mempunyai landasan penelitian ilmiah yang kuat dan kekuatan rekayasa dalam pengembangan dan aplikasinya.

  • Perkembangan Ponsel di Indonesia Sampai Sekarang 

Di tahun 1985-1992 ponsel mulai beredar di Indonesia,namun tidak bisa di masukkan kedalam saku baju atau celana karena bentuknya yang besar dan panjang,dengan berat rata2 430gram (hampir setengah kilogram). Harga ponselnya juga tidak murah,berkisar diatas 10 juta per unit.Di tahun ini pula baru dikenal dua teknologi seluler yaitu NMT-470,modifikasi NMT-450.
Di akhir 1993 PT Telkom memulai proyek percontohan seluler digital Global System for Mobile (GSM),dimulai di dua pulau,yakni Pulau Batam dan Pulau Bintan. Di tahun 1994 PT Satelit Palapa Indonesia (Satelindo) beroperasi sebagai operator GSM pertama di Indonesia, dengan mengawali kegiatan operasinya di Jakarta dan sekitarnya. Karena GSM menggunakan kartu SIM,maka hal itu aman dari penggandaan dan penyadapan serta mutu prima dan jangkauan luas.
Layanan pesan singkat, mulai di perkenalkan pada tahun 2000 dan menjadi fenomena di kalangan pengguna ponsel,karena sangat praktis dan murah biayanya. Di tahun ini pula PT.Indosat dan PT.Telkom mendapat lisensi sebagai operator GSM 1800 nasional. Kemudian ponsel-ponsel yang masuk ke Indonesia juga sejalan dengan perkembangan operator2 seluler yang telah disebutkan di atas.
Kehadiran ponsel di Indonesia dimulai dari generasi kedua sampai generasi ke empat (yang sekarang banyak beredar di pasaran). Berikut ulasan singkat tentang generasi ponsel tersebut :
Generasi Kedua : Ponsel generasi ini juga biasa disebut 2G hadir pada pertengahan 1990-an.Beroperasi pada jaringan GSM dengan menggunakan frekuensi standar 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz. Pada generasi ini sinyal analog telah di ubah dengan sinyal digital. Penggunaan sinyal digital melengkapi ponsel dengan pesan suara,panggilan tunggu dan SMS.  
Generasi Ketiga : Ponsel generasi ini juga disebut 3G, fiturnya adalah memungkinkan operator jaringan untuk memberi para pengguna ponsel ini memiliki jangkauan yang lebih luas, termasuk internet dan Video call berteknologi tinggi. Dalam 3G terdapat 3 standar untuk dunia telekomunikasi yaitu Enhance Datarates for GSM Evolution (EDGE), Wideband-CDMA, dan CDMA 2000. Kelemahan dari generasi 3G ini adalah biaya yang relatif lebih tinggi, dan kurangnya cakupan jaringan karena masih barunya teknologi ini.
Generasi Keempat : Ponsel generai ini juga disebut 4G.4G merupakan sistem ponsel yang menawarkan babak baru dan solusi infrastruktur yang mengintegrasikan teknologi wireless yang telah ada termasuk wireless broadband (WiBro),CDMA, wireless LAN, Bluetooth, dll.Sistem 4G berdasarkan keragaman jaringan IP,yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beragam system kapan saja dan dimana saja. 4G juga memberikan penggunanya kecepatan tinggi, volume tinggi, kualitas baik, jangkauan global, dan fleksibilitas utnuk menjelajahi berbagai teknologi berbeda. Terakhir,4G memberikan pelayanan pengiriman data cepat untuk mengakomodasi berbagai aplikasi multimedia seperti, video conferencing, game on-line, dan lainnya.

Artikel ini telah tayang di 
Kompas.com dengan judul "Menelusuri Perkembangan Ponsel di Indonesia", https://tekno.kompas.com/read/2010/04/01/18352875/Menelusuri.Perkembangan.Ponsel.di.Indonesia









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Makalah Penyebaran Berita Hoax

MAKALAH PENYEBARAN BERITA HOAX PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET ...