Sabtu, 16 Maret 2019

MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR


TUGAS 1 :
BAGIAN 1

PENGERTIAN ATAU DEFINISI MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR MENURUT PARA AHLI

                        I.            PENGERTIAN
A.     Pengertian Matematika
Kata matematika berasal dari bahasa Yunani “mathein” atau“manthenein”,     yang berarti “mempelajari”. Kebanyakan orang mengatakan bahwa matematika
adalah suatu pelajaran yang pasti atau sering disebut ilmu pasti.

  Ø  Pengertian Matematika Menurut Beberapa Ahli :
  • Andi Hakim Nasution (dalam Masykur,2008:42)

“Penggunaan istilah matematika lebih tepat daripada ilmu pasti. Karena dalam matematika, banyak terdapat pokok bahasan yang justru tidak pasti seperti pada statistik terdapat probabilitas (kemungkinan)”.
  • Jonson dan Rising (dalam Ajipriyanto, 2009)

“Matematika dikatakan sebagai pengetahuan struktur yang terorganisasi, sifat-sifat   atau teori dibuat secara deduktif berdasarkan pada unsur yang didefinisikan, aksioma, teori yang telah dibuktikan kebenarannya”.
  • Hudoyo (1988:3)

“Menyatakan matematika berkenan dengan ide, aturan-aturan, hubungan-hubungan yang diatur secara logis sehingga matematika berkaitan dengan konsep-konsep abstrak”.
  • Soedjadi (2000:11)

“Menyatakan Matematika adalah pengetahuan eksak dengan objek abstrak meliputi konsep, prinsip, dan operasi yang berhubungan dengan bilangan”.
  • Masykur (2008:43) 

“Belajar matematika sama halnya belajar logika, karena kedudukan matematika dalam pengetahuan adalah sebagai ilmu dasar atau ilmu alat. Sehingga untuk dapat berkecimpung didunia sains, teknologi, atau disiplin ilmu lainnya, langkah awal yang harus ditempuh adalah menguasai alat atau ilmu dasarnya yaitu menguasai    matematika secara benar”.
  • Galileo Galilei (dalam Masykur, 2008:46) 

“Alam semesta ini bagaikan sebuah buku raksasa yang hanya dapat dibaca kalau       orang mengerti bahasanya dan akrab dengan lambang dari huruf-huruf yang digunakan didalamnya, dan bahasa alam tersebut tidak lain adalah matematika”.
àBerdasarkan pengertian dari Masykur dan Galileo Galilei di atas, dapat kita tarik kesimpulan bahwa setiap orang yang ingin mempelajari segala ilmu yang ada di dunia ini harus menguasai ilmu dasar yaitu matematika. Maka dari itu matematika disebut juga sebagai Queen of Science” yang melayani raja yaitu “science”.

  v  Dari pengertian ini, matematika marupakan ilmu pengetahuan yang melatih
seseorang untuk menyelesaikan masalah dengan terstruktur dan dengan menggunakan logika.
Dari beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa matematika adalah ilmu tentang bilangan, hubungan antar bilangan, dan prosedur operasional yang digunakan untuk menyelesaikan masalah mengenai bilangan dengan objek abstrak  yang diatur secara logisyang didapat dengan berpikir. Apakah belajar matematika itu? Belajar pada dasarnya merupakan suatu proses perubahan tingkah laku untuk mendapatkan pengetahuan atau pengalaman yang terjadi dari adanya interaksi antara seseorang dengan lingkungannya.

  v  Untuk menangkap isi dan pesan belajar, maka dalam belajar tersebut individu      menggunkan pengetahuan pada ranah-ranah:
     Kognitif yaitu kemampuan yang beerkenaan dengan pengetahuan, penalaran atau pikiran,
2       Afektif yaitu kemampuan yang mengutamakan perasaan, emosi, dan reaksi-reaksi yang berbeda dengan penalaran, dan
3       Psikomotorik yaitu kemampuan yang mengutamakan keterampilan (Sagala, 2003:12).
Sampai saat ini belum ada kesepakatan yang bulat diantara para ahli mengenai pengertian matematika karena pengetahuan dan pandangan dari para ahli berbeda-beda,namun demikian pengertian matematika dapat dipahami melalui hakikatnya baik ditinjau dari arti kata matematika maupun karakteristiknya.

B.     Pengertian Ilmu Alamiah Dasar
lmu alamiah dasar (IAD) sering disebut ilmu pengetahuan alam (IPA) dan ada yang menyebut ilmu kealaman yang dalam bahasa inggris disebut Natural science      atau science. Kata tersebut dalam bahasa Indonesia disebut Sains.

  Ø    Pengertian ilmu alamiah dasar menurut beberapa ahli :
  • Maskoeri Yasin

Dalam bukunya mendefinisikan ilmu alamiah dasar (IAD) adalah “Ilmu pengetahuan yang mengkaji gejala-gejala dalam alam semesta ini, termasuk bumi yang terbentuk dengan menggunakan konsep dan prinsip ilmu dasar”.
  • H. W. Fowler

Dalam bukunya “Sience” In Education, Ilmu Alamiah atau biasa disebut IPA yaitu ilmu yang sistimatis dan dirumuskan, yang berhubungan dengan  gejala-gejala kebendaan dan  didasarkan terutama atas pengamatan dan induksi.
  • H. ABAU AHMADI dan  A. SUPATMO

Dalam buku SAP Ilmu Alamiah Dasar, menyatakan Ilmu Alamiah atau sering disebut    IPA yaitu suatu  pengetahuan teori yang diperoleh/disusun dengan cara yang khas- khusus, yaitu melakukan observasi eksperimentasi, penyimpulan,  penyusunan teori,eksperimentasi,  observasi dan demikian seterusnya kait mengkait antara cara yang satu dengan cara yang lain.

Jadi singkatnya ilmu alamiah dasar (IAD) adalah ilmu yang mengkaji konsep-konsep dan prinsip dasar yang esensial saja. Beberapa disiplin - disiplin ilmu yang tergolong ilmu alamiah dasar (IAD) adalah fisika, kimia, astronomi, geologi,    meteorologi serta biologi.

  v  Berikut ini adalah faktor yang mendorong pertambahan pengetahuan, yaitu :
1.      Didorongrasa ingin tahu.
2.      Dorongan untuk memuaskan diri untuk memahami hakikat alam semesta.
3.      Dorongan praktis, yang
memanfaatkan pengetahuan untuk meningkatkan taraf hidup yang lebih baik.          Ketiga dorongan itu menuju ilmu pengetahuan.


                     II.           RUANG LINGKUP
Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science ) merupakan ilmu pengetahuan          alam yang mengkaji prinsip esensial saja, sehingga ruang lingkup Ilmu Alamiah Dasar ( Basic Natural Science ) secara garis besar meliputi :

  •              Fisika ( Physics )

Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari benda tak hidup atau mati dari aspek    wujud dengan perubahan – perubahan yang bersifat sementara. Fisika secara klasik dibagi dalam mekanika, panas, bumi, cahaya, gelombang, listrik, magnet dan teknik mekanika, teknik sipil, teknik listrik, dan termasuk dalam lingkup besar ilmu bumi         dan antariksa.
  •            Kimia ( Chemistry )

Suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan tidak hidup dari aspek susunan materi dan perubahan – perubahan yang bersifat tetap. Kimia secara garis   besar dibagi menjadi kimia anorganik dan kimia organic. Kedua bagian itu pada dasarnya membahas dasar keseluruhan, kemudian diikuti analisis kualitatif dan kuantitatif.
  •             Biologi ( Biological Science )

Ilmu pengetahuan yang mempelajari makhluk hidup dan gejala – gejalanya. Biologi dibagi atas cabang – cabang antara lain :

·         Botani
Adalah suatu cabang biologi yang mempelajari tentang seluk beluk tentang tumbuhan. Botani merupakan salah satu bidang kajian dalam biologi yang mengkhususkan diri dalam mempelajari seluruh aspek biologi tumbuh-tumbuhan

·         Zoologi
Adalah cabang biologi yang mempelajari struktur, fungsi, perilaku, serta evolusi hewan. Ilmu ini antara lain meliputi anatomi perbandingan, psikologi hewanbiologi molekularetologiekologi perilakubiologievolusionertaksonomi, dan paleontologi. Kajian ilmiah zoologi dimulai sejak sekitar abad ke-16.

·         Morfologi
Adalah suatu studi tentang struktur luar atau bentuk luar makhluk hidup. Morfologi dipakai oleh berbagai cabang ilmu. Secara harfiah, morfologi berarti “pengetahuan tentang bentuk”(morphos).  
Berikut beberapa ilmu yang menggunakan nama morfologi:
*. Morfologi (linguistik), ilmu tentang morfem-morfem dalam bahasa.
*. Morfologi (biologi), ilmu tentang bentuk organisme, terutama hewan   dan tumbuhan serta bagian-bagiannya.
*. Geomorfologi, ilmu tentang batuan dan bentuk luar bumi.

 ·         Anatomi
adalah suatu studi tentang struktur dalam atau bentuk dalam makhluk hidup. Ini     adalah cabang dari biologi yang berhubungan dengan struktur dan organisasi dari makhluk hidup. Terdapat juga anatomi hewan atau zootomi dan anatomi
tumbuhan atau fitotomi. Beberapa cabang ilmu anatomi adalah anatomi     perbandingan, histologi, dan anatomi manusia.

·         Fisiologi
adalah suatu studi tentang fungsi bagian tubuh atau organ makhluk hidup. Fisiologi adalah turunan biologi yang mempelajari bagaimana kehidupan berfungsi secara fisik dan kimiawi. Fisiologi menggunakan berbagai metode ilmiah untuk mempelajari biomolekul, sel, jaringan, organ, sistem organ, dan organisme secara keseluruhan menjalankan fungsi fisik dan kimiawinya untuk mendukung kehidupan.


    III.            KAITAN ANTARA MATEMATIKA DAN ILMU ALAMIAH DASAR DENGAN PSIKOLOGI

A.       Hubungan Matematika Dengan Psikologi
Hubungan antara matematika dengan ilmu jiwa atau psikologi saling keterkaitan. Dipandang dari sudut penghitungan hasil dari Tes IQ, dalam ilmu psikologi bisa menggunakan teori statistika yang digunakan untuk mengetahui seberapa jauh tingkat pola pikir dengan cara menghitung distribusi frekuensi kelompok dengan ukuran tendensi sentral dan letak nilai.
Dan yang perlu kita ketahui antara hubungan matematika dan psikologi bahwa matematika membentuk pola pikir kritis, kreatif, inovatos, dan mandiri serta mampu menyelesaikan masalah secara tepat dan dapat ditanggung jawab kan. Ada beberapa materi yang dapat dikatakan berhubungan dengan psikologi, seperti Peluang dan himpunan.

B.     Hubungan Ilmu Alamiah Dasar Dengan Psikologi
Hubungan Ilmu Alamiah Dasar dengan Psikologi sangat erat. Contohnya antropologi dengan psikologi. Dalam hal ini kita mempelajari perilaku manusia dari peradaban yang berbeda-beda dari suku-suku yang banyak di /indonesia lalu Psikologi. Lalu peran sosiologi dengan psikologi, daam bahasan ini Sosiologi dan ilmu Psikologi membahas tentang masyarakat luas dan interaksinya dalam masyarakat luas.
Adapula contoh bidang studi lain yaitu biologi dengan Psikologi. Biologi adalah ilmmu yang mempelajari tentang makhluk hidup baik manusia, hewan serta tumbuhan. Hal yan terkait dalam ilmu psikologi yaitu pada biologi membahas tentang struktur-struktur ataupun keadaan jasmani manusia baik dari luar maupun dari dalam. Tentunya hal ini diperlukan dalam ilmu psikologi untuk mengetahui penyebab atau gejala-gejala yang dialami seseorang apalagi yang biasanya berhubungan dengan terganggu nya psikis seseorang.
Pembahasan dalam bidang studi Ilmu Alamiah Dasar berfokus pada mengenali dan mencari tahu tentang kejadian-kejadian yang ada di semesta termasuk bumi dan seisinya. Konsep utama bidang studi ini adalah mendalami tentang dasar-dasar ataupun karakteristik manusia. Hal ini yang merupakan keterkaitannya dengan ilmu psikologi, karena pada dasarnya ilmu psikologi adalah ilmi yang membahas pola ataupun karakteristik tentang manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Makalah Penyebaran Berita Hoax

MAKALAH PENYEBARAN BERITA HOAX PSIKOLOGI DAN TEKNOLOGI INTERNET ...